BELAJAR BAHASA INGGRIS


Berikut adalah pengalaman belajar bahasa Inggris waktu aku di SMA dulu: Sehari sebelum mata pelajaran bahasa Inggris diajarkan, aku selalu membaca materi yang akan diajarkan oleh guruku 3 hingga 4 halaman. Kucari semua arti kata pada halaman tersebut, kata-kata yang ku tak tahu artinya kugarisbawahi dengan pensil. Lalu kubuka kamus, satu demi satu kucari artinya, kutulis artinya diatas kata itu juga dengan pensil. Jadi tidak ada lagi kata-kata yang aku tidak tahu artinya pada halaman itu. Pada saat pelajaran bahasa Inggris berlangsung, Bu guru selalu menanyakan arti kata yang ada di buku. Tak seorang pun teman yang tahu. Akhirnya aku angkat tangan, kujawab dan guru bilang "Good". Wah senangnya aku. Hal ini berulang terus, sehingga aku dianggap oleh teman-teman bahkan guruku sebagai murid yang "pintar" dalam pelajaran bahasa Inggris. Aku pun jadi senang untuk mencari kata-kata baru pada halaman lainnya sebelum materi diajarkan. Wah, jadi ketagihan nih! Kata-kata yang sudah pernah kucari artinya, namun lupa ketika ketemu lagi di halaman selanjutnya, maka tetap kucari artinya di kamus. Kegiatan ini berlangsung terus, tak kusadari semakin sedikit kata-kata yang masih asing yang kutemui pada halaman-halaman selanjutnya. Oh, ternyata aku sudah banyak menguasai kosakata bahasa Inggris. Kurenungkan, cara ini terasa lebih manjur dari pada ketika kucoba menghapalkan 2 kata per harinya.

Tidak ada komentar: